Contoh Hasil Perancangan Pelatihan

Saat kuliah di Fapsi Unpad, saya pernah mengikuti Mata Kuliah Perancangan Program Pelatihan. Apa yang saya pelajari di sana tidak jauh berbeda dari course Basic Instructional Design dari Ruangguru, kecuali bagian membuat storyboard. Namun kelebihan di mata kuliah ini tentu saya bisa bertanya dan bimbingan dengan dosen yang memang ahli dalam bidang perancangan pelatihan. Selain itu, hal-hal yang berkenaan dengan dasar-dasar psikologi juga lebih ditekankan, seperti karakteristik perkembangan manusia, psikologi pendidikan, dan lain-lain.

Di akhir mata kuliah ini, saya diberi tugas untuk merancang sebuah pelatihan dari awal sampai akhir sebagai UAS. Semoga tugas tersebut dapat bermanfaat menjadi contoh perancangan program pelatihan.

Selain itu, saya juga pernah menjadi Koordinator Divisi Karya Tulis Ilmiah di Scientific Gateway (sebuah kelompok kegiatan mahasiswa di Fapsi Unpad yang berfokus pada lomba-lomba akademik) tahun 2020. Saat itu saya juga menyusun kurikulum singkat mengenai pelatihan kepenulisan ilmiah bagi para anggota divisi. Saat menyusunnya, saya menggunakan template pengembangan silabus kependidikan. Silakan lihat di bawah ini.

Tinggalkan Komentar